The Way to Win

Just another WordPress.com site

LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN


                                                                   LAPORAN PRAKTIKUM

                                                          ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN

                                                                        MODUL I DAN II

DISUSUN OLEH :

Nama        : BASO MUH. AMIRUDDIN

NiM            : 113310025

Jurusan     : TK / D3

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AKAKOM

YOGYAKARTA

20011

MODUL I

MENGIMPLEMENTASIKAN  PROGRAM JAVA

DENGAN NETBEANS 5.5

  1. MAKSUD DAN TUJUAN
  1. MAKSUD

Mempelajari Program Java Sederhana Dengan NetBeans 5.5

  1. TUJUAN
  • Agar mahasiswa memahami tentang dasar-dasar algoritma dan pemrograman.
  • Mahasiswa dapat mempraktekkan dan mngimplementasikan program java sederhana dengan NetBeans 5.5.
  • Agar mahasiswa dapat mempraktikkan dan membuktikan implementasi program java dengan NetBeans 5.5
  1. DASAR TEORI
  • Pengenalan Algoritma dan Pemograman

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Kata logis berarti benar sesuai dengan logoka manusia sedangkan Pemograman adalah proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemograman  yaitu dengan cara :

      Defenisi Masalah -> Algoritma -> Bahasa Pemograman -> Hasil

  • Pengenalan  UML

UML ( Unified Modeling Language) adalah bahasa grafis yang kompleks dan kaya dengan fitur.salah satu modelnya diagramnya adalah Activity Diagram.UML  merepresentasikan aktivitas dengan simbol oval didalam activity diagram.

 

UML  mempersentasikan dengan symbol sebuah oval didalam activity diagram.

  • Pengenalan NetBeans

NetBeans adalah merupakan IDE yang ditunjukan untuk memudahkan pemograman java. Dalam NetBeans pemograman dilakukan berbasis visual dan event driven.

C. PEMBAHASAN

NetBeans mencakup compiler dan builder, dan debugger internal. Hal ini sangat memudahkan proses pasca perancangan program. Proses deployment dan atau tanpa tes dapat juga dilakukan dari dalam NetBeans. Program sederhana yang kita buat adalah program yang sangat sederhana karena hanya menampilkan teks saja.

Contoh :

public class ProgramPertama

{

public static void main(String args[]) {

{

System.out.println(“ProgramPertama Aku Lhooo”) ;

}

}

Kita harus harus menyimpan program dengan nama file sesuai definisi nama class. Apabila tidak sama java akan menampilkan pesan error karena java sangat sensitif.

Contoh program di atas kita simpan dengan ProgramPertama.java. kita harus memperhatikan huruf besar dan huruf kecilnya. Setelah itu kita perlu melakukan kompilasi, yaitu mengubah kode program menjadi bytecode yang dimengerti oleh Java.

Pada saat proses kompilasi kita tidak akan mendapati pesan error tetapi pada saat menjalankan dengan java kita akan tampila pesan error.

Program ProgramPertama.java yang telah kita kompilasi dan jalankan, merupakan contoh program java minimum yang dapat menjelaskan mengenai sintaks dasar Java yaitu:

Bagian 1 :

public class ProgramPertama{

….

}

Setiap file program java memiliki pendefinisian  public class  seperti kode di atas.

{

….

}

Kurum kerawal tersebut berfungsi untuk membuka/mebuat kalimat baru dan tanta ini harus ada.

Bagian  2 :

public static void main(String args[])

{

}

Bagian ini merupakan bagian awal program Java  yang dijalankan sehingga setiap aplikasi Java harus memiliki Blok kode ini.

Bagian  3 :

System.out.println(“ProgramPertama”) ;

Fungsi yang diatas yaitu untuk menampilkan kalimat yang ada dalam kurum tersebut

Penjelasan :

1. Void : Menunjukan bahwa method tidak mengembalikan nilai atau objek.

2. Main  : merupakan nama method utama dari program java.

3. Static  : merupakan tipe method.

4. Public : merupakn salah satu macam modifier.

5.String :String merupakan tipe argument yang diterima untuk parameter dari command Java.

6. Args[] : array argument yang bias ditambahkan pada saat menggunakan command java untuk menjalankan program java.

   

D. KESIMPULAN

NetBeans mencakup compiler dan builder, dan debugger internal jadi kita tak perlu membuat teks program secara manual baris per baris, tetapi cukup dengan klik pada component-pallete. Teks program akan di hasilkan secara otomatis. Hal ini sangat memudahkan proses pasca perancangan program.

E. TUGAS

SOAL :

  1. Apa saja kelebihan NetBeans sebagai IDE pemrograman java ?
  2. Sebutkan Editor lain yang dapt digunakan untuk program java ?

Jawaban :

  1. NetBeans mencakup compiler atau builder jadi kita tak perlu lagi membuat teks program secara manual baris per baris, tetapi cukup klik pada component-pellete. Teks program akan dihasilkan secara otomatis., dan debugger internal. Hal ini sangat memudahkan proses paska perancangan program.
  2. NetBeans, Eclips, TexPad, dll.

F  LISTING

      Terlampir pada laporan sebelumnya

 

 

 MODUL II

PEMOGRAMAN DENGAN JAVA

  1. MAKSUD DAN TUJUAN
  1. MAKSUD
  • Membuat program Java sederhana
  • Membuat program dengan menggunakan TexPat

2. TUJUAN

  • Agar mahasiswa mengenal dan memahami bentuk program Java
  • Mahasiswa  dapat membangun program Java yang sudah pasti
  • Agar mahasiswa mengerti tentang penggunaan TexPat
  1.  Dasar Teori

Kerena java adalah bahasa pemrograman multi platform. Java tidak menyediakan IDE khusus seperti halnya bahasa pemrograman yang lain. Pemrograman bisa menggunkan IDE yang suppor ke Java, misalnya NetBeans, Eclips, TexPad, dan lain-lain.

  1.  PEMBAHASAN

Sekarang kita akan membahas program Java sederhana dengan Textpad.

Contoh Program Java sederhana :

public class Halo

{

    public static void main (String arg[]){

System.out.println(“STIMIK AKAKOM YOGYAKARTA”) ;

System.out.println(“Jl. Raya Janti 143”) ;

System.out.println(“========================”) ;

System.out.println(“Program Studi”) ;

System.out.println(“1. Teknik Imformatika/S1”) ;

System.out.println(“2. Sistem Imformatika/S1”) ;

System.out.println(“3. Manajemen Imformatika/D3”) ;

System.out.println(“4. Teknik Komputer/D3”) ;

System.out.println(“5. Komputerisasi Akutansi/D3”) ;

System.out.println(“”) ;

System.out.println(“STIMIK AKAKOM YOGYAKARTA”) ;

System.out.println(“Yang Pertama dan Utama”) ;

}

}

Untuk menulis sebuah program aplikasi java, minimal yang harus kita lakukan adalah :

1. Membuat class public

Baris 1 pada program di atas adalah kode untuk class public. Pada baris tersebut kita membuat class public bernama HelloWorld :

public class HelloWorld {

}

Perhatikanlah nama class ini sama dengan nama file di mana class ini berada, tanpa menggunakan ekstensi.java. Nama class dan nama file ini harus sama agar method main dapat dijalankan.

2. Membuat method main

________________________

Baris 2 adalah kode untukmethod main. Medhod main adalah method pada class public yang akan dipanggil pertama kali (oleh mesin pengeksekusi Java, JVM) pada saat program dijalankan.

Tulisan HelloWorld yang muncul pada layar merupakan efek pemanggilan dari statement :

System.out.println(“Hello World”) ;

Yang di panggil method main.

3.Mengkompilasi dan Menjalankan Java

Selanjutnya kompilasilah program di atas dengan kompiler Java, yaitu javac. Kompiler ini merupakan salah satu tool yang ada pada J2SDK (jadi J2SDK harus sudah terinstal agar javac dapat dijalankan). Untuk mengkompilasi HelloWorld.java, ketikan pada direktori dimana file.java berada :

$javac HelloWorld.java

Jika program di atas berhasil dikompilasi maka akan dihasilkan sebuah file class bernama HelloWorld.class. File ini merupakan file byte-code yang siap dijalankan. Untuk menjalankannya, ketikan :

$java HelloWorld

HelloWorld

Penjelasan :

1. Void : Menunjukan bahwa method tidak mengembalikan nilai atau                             objek.

2. Main  : merupakan nama method utama dari program java.

3. Static  : merupakan tipe method.

4. Public : merupakn salah satu macam modifier.

5.String :String merupakan tipe argument yang diterima untuk         parameter dari command Java.

6.Args[] : array argument yang bias ditambahkan pada saat menggunakan command java untuk menjalankan program java.

  • Aktivitas Pemrograman

Aktivitas seorang programmer dalam pemrograman tidak lepas dari 3 hal berikut :

1. Koding

Yaitu menulis kode program dalam bahasa pemrograman tertentu menggunakan teks editor atau IDE khusus untuk bahasa tersebut. Kode ini lalu disimpan dalam file teks berektensi khusus (missal kode program Java di tulis dalam file berekstensi java). Untuk mengkoding Java, kita bisa menggunakan teks editor, seperti VIM, emacs, dan lain-lain. Namun demikian akan lebih baik jika teks editor/IDE yang kita gunakan memiliki fitur spesifik Java, seperti  Sun One, NetBeans, JCreator, dll. Karena editor-editor pada lingkungan IDE memiliki fitur-fitur yang dapat mencegah kita membuat kesalahan ketika mengetikan kode.

2. Kompilasi

Yaitu mengubah kode program dari bahasa program(bahasa yang dimengerti manusia) ke bahasa mesin(berbentuk kode binary). Program dalam bahasa mesin inilah yang dimengerti dan akan dieksekusi oleh computer. Aktivitas kompilasi (mengkompilasi kode) dilakukan oleh suatau program khusus yang disebut compiler bahasa. Kompiler bahasa Java yang disediakan oleh J2SDK adalah javac. Secara sederhana, penggunaan javac ini adalah sebagai berikut :

$javac programjava.java

Catatan :–   Teks editor yang disarankan untuk digunakan adalah teks editor yang menfasilitasi highlight. Fasilitas ini digunakan untuk mewarnai teks program sesuai dengan jenisnya, sehingga memudahkan programmer menulis dan membaca programnya.-   Aktifitas kompilasi tidak lakukan untuk bahasa script, seperti Perl dan Bash. Bahasa-bahasa script biasa langsung dieksekusi oleh interpreternya setelah program dikoding.-   File.class inilah yang berisi kode-kode mesin (literature asing menyebutnya ‘byte code’) yang akan dieksekusi oleh interpreter Java.

  

3. Eksekusi

Yaitu menjalankan program yang telah berhasil dikompilasi. Java memiliki 2 program untuk menjalankan program Java, yaitu java dan appletviewer. Java digunakan untuk menjalankan program aplikasi dan appletviewer digunakan untuk menjalankan applet. Program java dan appletviewer akan menjalankan kedua bentuk program java.

D. KESIMPULAN

Seperti yang telah kita uraikan diatas, Program Java kita tak perlu membuat teks program secara manual baris per baris, tetapi cukup klik pada component-pallete dan teks program akan di hasilkan secara otomatis. TexPad merupakan program java yangsangat mudah dijalankan dan sangat baik untuk pemula.Dalam bahasa pemrograman Java, kita akan menggunakan pernyataan masukan dan keluaran. Pernyataan masukan adalah pernyataan untuk mendapatkan masukan dari keyboard. Sedangkan pernyataan keluaran adalah pernyataan untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.

E. Tugas

package Halo.java;

public class Halo {

public static void main (String arg[]){

System.out.println(“STIMIK AKAKOM YOGYAKARTA”) ;

System.out.println(“Jl. Raya Janti 143”) ;

System.out.println(“========================”) ;

System.out.println(“Program Studi”) ;

System.out.println(“1. Teknik Imformatika/S1”) ;

System.out.println(“2. Sistem Imformatika/S1”) ;

System.out.println(“3. Manajemen Imformatika/D3”) ;

System.out.println(“4. Teknik Komputer/D3”) ;

System.out.println(“5. Komputerisasi Akutansi/D3”) ;

System.out.println(“”) ;

System.out.println(“STIMIK AKAKOM YOGYAKARTA”) ;

System.out.println(“Yang Pertama dan Utama”) ;

}

}

Hasil :

STMIK AKAKOM YOGYAKARTA

Jl. Raya Janti 143

========================

1. Teknik Informatika/S1

2. Sistem Informasi/S1

3. Manajemen Informatika/D3

4. Tekni komputer /D3

5. Komputerisasi Akutansi/D3

STMIK AKAKOM YOGYAKARTA

Yang Pertama dan Utama

Press any key to continue . . .

F. Listing Terlampir Pada Laporan Sebelumnya

 

                                                               LAPORAN PRAKTIKUM

                                                    ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN

                                                                             MODUL 3

Oprator

  1. A.      PEMBAHASAN

Operator  adalah simbol khusus yang menyajikan operator khusus pada satu, dua, atau tiga operand dan kemudian mengembangkan hasilnya. Dan operator tersebut digunakan untuk membentuk ekspresi. Sebuah konstanta atau entitas dengan sendirinya merupakan ekspresi, juga kombinasi dari konstanta dan variabel dengan operator.

Operator mempunyai beberapa sifat yaitu :

  • Unary yaitu operator yang hanya melibat kan satu operand contoh -1
  • Binary yaitu operator yang hanya melibat kan dua operand contoh 1 +2
  • Tenary yaitu operator yang hanya melibat kan tiga operand contoh 1 + 2 * 3

kombinasi dari konstanta dan variabel dengan operator. Suatu ekspresi yang diikuti dengan sebuah titik koma adalah sebuah pernyataan.Di dalam pemograman yang bertujuan umum, seperti operator “ = “ ini lebih sering muncul dibandingkan dengan operator lainnya.

Macam-macam Operator

  1. 1.       Operator Pemberian yaitu berupa tanda sama dengan (=). Penggunaan operator ini dapat berantai seperti: z=x=y=0.

Contoh:

a = a + 2;

pada saat perintah a = a + 2; dikerjakan itu berarti nilai a semula ditambah  dengan 2 dan hasilnya disimpan kembali ditempat  variable a tersebut.

  1. 2.       Operator Aritmatika yaitu berupa pengurangan, pembagian, perkalian, penjumlahan dan sisa pembagian (%)
  2. 3.       Operator Unary yaitu operator sebagai tambah dari operator aritmatika yang membutuhkan minimal dua operan

Contoh :

++

-x

  1.  Operator Relasi yaitu operator yang persamaan dan relasionalnya menenukan apakah satu operand lebih besar,lebih kecil atau sama dengan

 

  1. Operator logika yaitu operator yang menyajikan oparasi kondisinal AND dan kondosional OR pada dua persamaan boelehan
  1. Operator Betwise dan Bit Shift, sebenarnya operator ini jarang digunakan namun kita  perlu tau bahwa operator itu ada dan suatu saat bias digunakan

          Contoh Program yang Menggunakan Operator:

Bilangan 1 : 2

Bilangan 2 :4

Jumlah = 6

  • Program

import java.util.Scanner;

public class Jumlah{

public static void main(String args[])

{

Scanner masuk=new Scanner(System.in);

int A,B,jumlah;

System.out.print(“bilangan 1:”);

A=masuk.nextInt();

System.out.print(“bilangan 2:”);

B=masuk.nextInt();

jumlah = A+B;

System.out.println(“Jumlah =”+jumlah);

}

}

  • Ø Hasil Output

Penjelasan  :

   

             Elemen 1

public class Jumlah

{

….

}

Setiap file program java memiliki pendefinisian  class dengan modifier  public seperti kode di atas supaya dapat dikompilasi dan di jalankan  Java VM.

Jadi sintaks dasar yang utama untuk sebuah file program java adalah sintaks definisi class sebagai berikut :

[modifier] [class] nama class{

….

}

Kata class harus mengawali nama class yang didefinisikan. Sebelum class terdapat modifier di mana selain public pada contoh di atas, dalam pemrograman Java juga terdapat modifier private dan protected. Saat ini kita hanya perlu mengerti bahwa modifier public diperlukan supaya file program java dapat dikompilasi dan dijalankan dengan baik.

Elemen 2 :

public static void main(String args[])

{

}

Kode program ini adalah bagian utama di tiap aplikasi program Java karena blok/bagian ini merupakan bagian awal program Java dijalankan sehingga setiap aplikasi Java harus memiliki Blok kode ini.

Elemen 3 :

Scanner masuk = new Scanner(System.in);

Maksudnya yaitu symbol-bimbol yang akan digunakan pada program ini.

Elemen 4 :

int A,B,jumlah;

yaitu symbol yang  akan digunakan pada program tersebut

Elemen 5 :

System.out.print(“Bilangan 1 : “);

Fungsi Kode tersebut adalah menampilkan pada konsol data yang dimasukan sebagai               parameter. Pada contoh tersebut data yang ditampilkan berupa kata-kata ProgramPertama dengan tipe data String yang diinputkan sebagai parameter pada method print(). Untuk menginputakan data karakter atau numerik sebagai String maka kita harus mengawali dan mengakhirinya dengan tanda”.

Elemen 6 :

A = masuk.nextlnt ();

Maksudnya yaitu hasil dari symbol  A yang akan ditampilkan.

Elemen 7 :

System.out.print (“Bilangan 2 : “);

Fungsi Kode tersebut adalah menampilkan pada konsol data yang dimasukan sebagai               parameter. Pada contoh tersebut data yang ditampilkan berupa kata-kata ProgramPertama dengan tipe data String yang diinputkan sebagai parameter pada method print(). Untuk menginputakan data karakter atau numerik sebagai String maka kita harus mengawali dan mengakhirinya dengan tanda”.

Elemen 8 :

B = masuk.nextlnt ();

Yaitu hasil dari symol B yang akan di tampilkan

Elemen 9:

jumlah = A + B ;

Rumus yang digunakan pada program tersebut

Elemen 10 :

System.out.println(“Jumlah = ” + jumlah )

Perintah untuk menampilkan hasil dari program tersebut.

 

Penjelasan :

1. Void : Menunjukan bahwa method tidak mengembalikan nilai atau objek.

2. Main  : merupakan nama method utama dari program java.

¨    Tugas

1.Dengan menggunakan operasi  aritmatika buatlah untuk menjumlahkan,mengalikan dan sisa pembagian dari 2bilangan yang diinpukan dengan keyboard,output yang diingikan sebagai berikut:

Bilangan 1 :7

Bilangan 2 :2

Hasil Operator Aritmatika

=========================

Jumlah =9

Kurang =5

Kali       =14

Bagi     =3

Sisa      =1

Press any key to continue….

2. buat program untuk menghitung keliling dan luas lingkaran

3.tugas dari dosen pengampu

¨       Jawaban

1.

public class Aritmatik

{

public static void main(String args[])

{

System.out.println(“7+2=”+(7+2));

System.out.println(“7-2=”+(7-2));

System.out.println(“7*2=”+(7*2));

System.out.println(“7/2=”+(7/2));

System.out.println(“7%2=”+(7%2));

}

}

9= nilai ini merupakan hasil  penjumlahan  dua bilangan 7 +2

5=nilai ini merupakan hasil pengurangan dua bilangan 7-2

14=nilai ini merupakan hasil perkalian dua bilangan 7*2

3=nilai ini  merupakan hasil pembagian dua bilangan 7/2

1=nilai ini merupakan sisa antara  7%2

 

2.

import java.util.Scanner;

public class Lingkaran

{

public static void main(String args[])

{

Scanner masuk=new Scanner(System.in);

final float phi = 3.14f;

int r ;

float keliling, luas ;

System.out.print(“jari-jari lingkarang:”);

r=masuk.nextInt();

keliling=2*phi*r;

luas=phi*r*r;

System.out.println(“Keliling Lingkaran : ” + keliling);

System.out.println(“Luas Lingkaran : ” + luas);

}

}

Penjelasan  :

  • int r ;  adalah masukan dideklarasikan
  • float keliling, luas adalah menyatakan deklarasi variable yang akan di gunakan
  • r=masuk.nextInt();  meminta masukan untuk nilai (r)
  • keliling=2*phi*r;  dan  luas=phi*r*r;  mengkonversi  keliling ke luas
  • System.out.println(“Keliling Lingkaran : ” + keliling); dan  System.out.println(“Luas Lingkaran : ” + luas);  adalah hasilnya yang ditampilkan

 

                                                    LAPORAN PRAKTIKUM

                                              ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN

                                                                 MODUL 4

SEKUENSI

Sekuensi adalah pemrogeraman sederhana yang hanya dapat memecahkan  masalah-masalah yang sederhana yang dapat di selesaikan dengan sekuensi saja

Biasanya hanya satu masalah kecil yang terdiri .pembahasan sebelumnya,sejauh ini menggunakan prinsip sekuensi.di samping itu, pada bagian ini kita juga akan mempelajari bagaimana membuat pseudecode sebelum implemntasi ke bahasa pemrograman

  1. A.     PEMBAHASAN

 

Sekuensi adalah pemrograman sederhana yang dapat memecahkan masalah-masalah yang sederhana. Pada pembahasan kali ini menggunakan prinsip sekuensi, di samping itu pada bagian ini kita juga mempelajari sedikit cara membuat pseudocode. Contoh masalah adalah menghitung

2 jumlah bilangan bulat positif.Untuk menghitungnya kita cukup mendeklarasikan variabel,yaitu dengan cara :

  1. Masukkan 2 variabel misal A dan B
  2. Devenisikan variabel jumlah
  3. Hitung jumlah
  4. Tampilkan hasilnya

Contoh :

Program untuk menhitung konversi dari meter ke centimeter dan inci ke centimeter seperti berikut ini:

1meter = 100

1inci =2.54 cm

import java.util.Scanner;

public class Konversi

{

public static void main(String args[])

{

Scanner masuk=new Scanner(System.in);

float m,cm,Inci;

System.out.println(“masukan ukuran dalam meter:”);

m=masuk.nextFloat();

cm=m*100;

Inci=m*100/2.54f;

System.out.println(“ukuran dalam CM=”+cm);

System.out.println(“ukuran dalam inci=”+Inci);

}

}

Hasil Output

  • float m,cm,Inci; menyatakan deklarasi vareabel yang akan digunakan
  • m=masuk.nextFloat();  meminta masukan untuk nilai m (meter)
  • cm=m*100; dan  Inci=m*100/2.54f; mengkonversi ke cm dan inci
  • System.out.println(“ukuran dalam CM=”+cm); hasil yang di tampilkan
  •  System.out.println(“ukuran dalam inci=”+Inci); hasil yang di tampilkan

Program untuk konversi suhu dari celcius ke fahreinhet

Fahrenhet = 9/5* celcius + 32

import java.util.Scanner;

public class KonversiSuhu

{

public static void main(String args[])

{

Scanner masuk=new Scanner(System.in);

int celcius;

float fahreinhet;

System.out.print(“masukan derajat celcius:”);

celcius=masuk.nextInt();

fahreinhet=9f/5f*celcius+32f;

System.out.println(“Fahreinhet:”+fahreinhet);

}

}

Hasi Output

Penjelasan

  • float fahreinhet; menyatakan deklarasi variable yang akan di gunakan
  •  celcius=masuk.nextInt();meminta masukan untuk nilai  (celcius)
  • fahreinhet=9f/5f*celcius+32f; mengkonversi ke fahreinhet dan celcius
  • System.out.println(“Fahreinhet:”+fahreinhet); hasil yang akan di tampilkan

Tambahka program diatas untuk menghitung volume dari celcius ke reamur dan kelvin

Reamur=4/5*celcius

Kelvin=celcius+273

Penjelasan

Celcius : integer { input}

Reamur,fahrainhet,kelvin: float {output}

  1. Masukan (celcius)
  2. Reamur <- 4 bagi 5 kali celcius tamba 32
  3. Kelvin <- celcius tamba 273
  4. Tampilkan (reamur)
  5. Tampilkan (fahreinhet)
  6. Tampilkan (kelvin)

Tugas

1.buatlah program untuk mencari volume dari sebuah tabung dengan inputan

jari-jari

program untuk mencari volume dari sebuah tabung

import java.util.Scanner;

public class Tabung {

public static void main (String args[])

{

Scanner masuk = new Scanner (System.in);

float phi,tbg, jari, tgi, vol;

System.out.print (“Masukkan Jari-jari: “);

phi = 3.14f;

jari = masuk.nextFloat();

System.out.print(“Masukkan Tinggi: “);

tgi = masuk.nextFloat();

tbg = phi * jari* 2 * tgi;

System.out.println(“Volume Tabung= “+tbg);

}

}

Penjelasan

  • import java.util.Scanner; menyatakan bahwa  program yang di buat menggunakan kelas Scanner
  • public class Tabung  adalah nama kelas yang akan di buat (Tabung)
  • { dan } Setiap file program java memiliki pendefinisian  class dengan modifier  public seperti kode di atas supaya dapat dikompilasi dan di jalankan  Java VM.
  •              public static void main (String args[])

{

Kode program ini adalah bagian utama di tiap aplikasi program Java karena blok/bagian ini merupakan bagian awal program Java dijalankan sehingga setiap aplikasi Java harus memiliki Blok kode ini.

  • Scanner masuk = new Scanner (System.in); di buat obyek dengan nama masukan dan mengacu ke kelas Scanner.
  • float phi,tbg, jari, tgi, vol; menyatakan deklarasi variable yang akan di gunakan
  •   phi = 3.14f; mengkonversi
  •   jari = masuk.nextFloat(); meminta masukan untuk nilai  jari
  •   System.out.println(“Volume Tabung= “+tbg); hasilnya di tampilkan

Tinggalkan komentar